Jumat, 10 Juni 2011

Australia Akuisisi Dua Portal Properti Rp13,5 M


JAKARTA– Perusahaan bisnis properti online asal Australia IPGA Limited mengakuisisi dua perusahaan portal khusus penjualan properti dari Indonesia yaitu PT Web Marketing dan rumahdanproperti.com dengan total nilai 1,5 juta dolar Australia atau sekitar Rp13,5 miliar.

CEO IPGA Ltd, Shaun Gregorio mengatakan, adanya pengembangan perusahaan, IPGA bisa menarik pangsa pasar konsumen dari Indonesia. Akuisisi ini difokuskan pada pengembangan dan pengoperasian portal real estat berbasis internet dengan menawarkan tambahan lainnya di pasar Asia.

 "Setelah keberhasilan di Malaysia, Singapura, dan Hong Kong, kami membidik Indonesia sebagai pasar yang berkembang secara alami untuk usaha dan menggabungkan dengan investasi kami di India dan Filipina," kata Gregorio saat menghadiri konferensi pers akuisisi IPGA Ltd di Jakarta,Rabu (8/6). Rincian nilai akuisisi yakni Rp9 miliar untuk PT Web Marketing yaitu portal properti rumah123.com.

Sedangkan untuk portal rumahdanproperti. com,IPGA mengeluarkan dana sebesar Rp4,5 miliar."Pembelian saham kedua portal tersebut sebesar 100%, setiap anak perusahaan IPGA kami tetap mengembangkan local brand, untuk di Indonesia yaitu kedua perusahaan portal tersebut," tambahnya. Gregorio menyatakan,hasil riset pasar menunjukkan Indonesia telah mengalami pertumbuhan yang baik di bisnis properti.

Hal tersebut dibuktikan lewat anggaran yang dikeluarkan oleh para pemasang iklan propertiyangsebanyakUSD100 juta per tahun. Selain itu, pengunjung internet berkembang mencapai 30 juta per tahun. "Dengan kerja sama ini, kami berharap bisnis iklan properti bisa terus berkembang serta menarik para pengembang," kata Sales Manager PT Web Marketing Medi H Papinka.
 
Situs rumah123.com adalah portal properti terbesar di Indonesia yang meluncurkan model iklan berbayar dari 1.200 agen properti real estat yang berlangganan dan 4.000 agen properti lainnya. Portal milik pengusaha Sandiaga Uno ini berbasis di Jakarta dengan jumlah karyawan mencapai 50 orang.

Sementara itu, pemilik rumahdanproperti.com, Handi Chang, menyatakan, portal yang telah berdiri pada 2009 ini sekarang telah memiliki 100.000 pengunjung tetap yang mengakses situs tersebut setiap bulannya. Menurut Handi, rumahdanproperti.com juga telah memiliki 2.200 agen penjualan perumahan dengan 17.000 properti dari seluruh Indonesia.

"Adanya penggabungan ini akan menjadikan portal penjualan real estat di Indonesia menjadi sangat besar dengan kekuatan yang luar biasa,"ujar Handi. Ketua Umum Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (AREBI) Darmadi Darmawangsa menambahkan, penjualan properti melalui portal internet akan memudahkan konsumen untuk membeli rumah yang mereka inginkan.

"Dengan adanya internet kita akan diuntungkan karena tidak membuang waktu dan tentunya lebih cepat," kata Darmadi.


Sumber :  www.seputar-indonesia.com/

Cari Rumah ?? Gak perlu 123, Hanya KITA Ahlinya  :-)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar